This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

Daftar Isi Kitab Uqudulujain

hotsvidz.blogspot.com - (الفَصْÙ„ُ الأَÙˆَّÙ„ُ: فِÙŠْ) بيان (Ø­ُÙ‚ُÙˆْÙ‚ِ الزَÙˆْجَØ©ِ) الواجبة (عَÙ„َÙ‰ الزَÙˆْج) وهي Ø­ُسْÙ† العِØ´ْرة، ومؤْنةُ الزوجة ومهْرُها، والقَسْÙ…، وتعليمُها ما تحتاج إليه من فروض العبادات وسننها ولو غيرَ مؤكَّدة، ومما يتعلق بالح


يض، ومن وجوب طاعته فيما ليس بمعصية.


Hak Kewajiban Suami Kepada Istri
Pasal pertama tentang hak istri atas suami, yaitu :
  1. (*) Bergaul dgn baik
  2. (*) Membiayai istri
  3. (*) Mahar
  4. (*) Gilir
  5. (*) Mengajari apa yg ia butuhkan tentang fardlu-fardlu ibadah dan sunah sunahnya meskipun bukan sunah muakkad
  6. (*) Mengajari apa yg berhubungan dgn masalah haidl
  7. (*) Taat kepada suami yg bukan maksiat.
(الفَصْÙ„ُ الثَّانِÙŠْ: فِÙŠْ) بيان (Ø­ُÙ‚ُÙˆْÙ‚ِ الزَّÙˆْجِ) الواجبة (عَÙ„َÙ‰ الزَّÙˆْجَØ©ِ) وهي طاعة الزوج في غير معصية، وحسن المعاشرة، وتسليم نفسها إليه، وملازمة البيت، وصيانة نفسها من أن توطئ فراشه غيره، والإحتجاب عن رؤية أجنبي لشيء من بدنها ولو وجههل وكفيها، إذ النظر إليهما حرام ولو مع انتفاء الشهوة والفتنة، وترك مطالبتها له بما فوق الحاجة ولو علمت قدرته عليه، وتعففها عن تناول ما يكسبه من المال الحرام، وعدم كذبها على حيضها وجودا وانقطاعا.


Hak Kewajiban Istri Kepada suami Pasal (kedua( tentang hak hak istri atas suami. yaitu
    Daftar Isi Kitab Uqudulujain
  1. (*) Taat kepada suami yg bukan maksiat,
  2. (*) Bergaul dgn baik,
  3. (*) Pasrah (taslim) kepada suami,
  4. (*) Sering dirumah,
  5. (*) Menjaga dirinya dari memasukan laki-laki lain ke tempat tidurnya,
  6. (*) Mengutupi badan,wajah dan telapak tangannya) dari penglihatan laki asing, karena melihat keduanya jg hukum-nya haraom ,meskipun tanpa bergelora syahwat dan timbulnya fitnah
  7. (*) Meninggalkan tuntutan kepadanya diatas kemampuanya meskipun ia mengtahui kadar kemampuan suaminya,
  8. (*) Memelihara dirinya dari yg haram dlm menggunakan harta yg ia usahakan,
  9. (*) Tdk berbohong saat ia haidl dan sdh selesainya

(الفَصْÙ„ُ الثَالِØ«ُ: فِÙŠْ) بيان (فَضْÙ„ِ صَلاَØ©ِ الْÙ…َرْØ£َØ©ِ فِÙŠْ بَÙŠْتِÙ‡َا ÙˆَفِÙŠْ Ø£َÙ†َّÙ‡َا) أي صلاة المرأة في بيتها (Ø£َفْضَÙ„ُ Ù…ِÙ†ْ صَلاَتِÙ‡َا Ù…َعَ النَّبِÙŠِّ صَÙ„َÙ‰ اللهُ عَÙ„َÙŠْÙ‡ِ ÙˆَسَÙ„َّÙ…َ). قال صلى الله عليه وسلم: {Ø£َÙ‚ْرَبُ Ù…َا تَÙƒُÙˆْÙ†ُ الْÙ…َرْØ£َØ©ُ Ù…ِÙ†ْ ÙˆَجْÙ‡ِ رَبِّÙ‡َا Ø¥ِØ°َا Ùƒَانَتْ فِÙŠْ Ù‚َعْرِ بَÙŠْتِÙ‡َا ÙˆَØ¥ِÙ†َّ صَلاَتَÙ‡َا فِÙŠْ صُØ­ْÙ†ِ دَارِÙ‡َا Ø£َفْضَÙ„ُ Ù…ِÙ†ْ صَلاَتِÙ‡َا فِÙŠْ الْÙ…َسْجِدِ، ÙˆَصَلاَتَÙ‡َا فِÙŠْ بَÙŠْتِÙ‡َا Ø£َفْضَÙ„ُ Ù…ِÙ†ْ صَلاَتِÙ‡َا فِÙŠْ صُØ­ْÙ†ِ دَارِÙ‡َا، ÙˆَصَلاَتَÙ‡َا فِÙŠْ Ù…ُØ®ْدَعِÙ‡َا Ø£َفْضَÙ„ُ Ù…ِÙ†ْ صَلاَتِÙ‡َا فِÙŠْ بَÙŠْتِÙ‡َا}. والمخدع بضم الميم: بيت في بيت، وذلك للستر.


Deskriptor keutamaan sholat seorang isteri dirumah. Telah dijelaskan oleh pengarang, "bahwa sholat seorang isteri dirumahnya lebih utama dari pd sholat berjama'ah bersama Nabi SAW.
Rosulullah SAW bersabda : :"Kondisi yg paling dekat bagi seorang wanita dgn rabb-Nya yaitu Saat ia berada dlm rumahnya, dan sholat prempuan dirumah lebih utama daripada sholatnya dimesjid, sholat dlm rumahnya lebih baik daripada sholatnya di ruang belakang rumahnya, dan sholat dikamarnya lebih baik daripada sholat dlm ruang rumahnya.
Keterangan : Lafadz "MUKHDA" adlh ruangan yg diperuntukan untk sholat dan ibadah lainnya. yg demikian untk menutupi Auratnya)
الفَصْÙ„ُ الرَابِعُ: فِÙŠْ) بيان (Ø­ُرْÙ…َØ©ِ Ù†َظَرِ الرَجُÙ„ِ Ø¥ِÙ„َÙ‰ النِّسَاءِ الأَجْÙ†َبِÙŠَّاتِ ÙˆَالْعَÙƒْسِ) أي نظرهن إليه، فما يحرم رؤيته على الرجل يحرم رؤيته على المرأة منه. والمراهق في ذلك كالرجل، فيلزم وليه منعه من النظر إلى الأجنبية، ويلزمها الإحتجاب منه. وكالمرأة في ذلك الأمردُ الجميلُ الوجهِ، كذا في النهاية للشيخ محمد المصري (Ùˆَ) في (Ù…َا ÙˆَÙ‚َعَ فِÙŠْÙ‡ِ) أي النظر (Ù…ِÙ†َ الزَجْرِ) أي المنع من الكتاب والأحاديث.


Hukum Laki Memandang Perempuan
Pengarang menjelaskan keharaman laki laki melihat wanita ajnabiyyah yg bukan mahrom dan begitu pula sebaliknya. Apa yg haram dilihat oleh laki-laki maka haram pula dilihat oleh wanita, Dan murohiq diponis sama dgn laki-laki dewasa.
Maka wajib bagi wali dari anak laki-laki yg sudah murohiq (baligh) untk melarangnya dari melihat perempuan yg bukan muhrimnya. Demikian jg wajib bagi wali / orang tua dari anak perempuan yg sudah balighoh untk memerintahkannya berhijab / menutupi auratnya dari pandangan laki-lakim yg bukan mahromnya, Seperti yg dituturkan oleh Syeikh Muhammad Mishry dlm kitab Nihayah tentang hukum larangan melihat sesuatu yg telah di nash oleh al-qur'an dan al-hadits.
ويحرم على الرجل ولو مجبوبا وخصيا وعنينا ومخنثا وهمًّا نظره إلى أجنبية مشتهاة حتى إلى وجهها وكفيها ظهرا وبطنا، وهو المفتي به، لكن نقل عن الأكثرين حل النظر إلى ذلك. أما نظرُ الرجل إلى زوجته وأمته في حال حياة كلٍّ منهما فجائزٌ ولو مع وجود مانع من الإستمتاع قريب الزوال كحيض ورهن، لكن يكره نظر الفرج حتى من نفسه بلا حاجة، بخلاف المانع البطىء الزوال كأن اعتدت الزوجة عن شبهة، فيحرم النظر إلى ما بين سرّتها وركبتها، دون غيره كالمحارم والأمة المزوّجة. أما النظر لإجل النكاح، فيجوز إلى الوجه والكفين فقط من الحرة، وإلى ما عدا ما بين السرة والركبة من الأمة. ويجوز النظر إلى الأجنبية في الوجه فقط للشهادة والمعاملة، وإلى الأمة عند شرائها فيما عدا العورة من ظاهر البدن.

Haram bagi laki-laki meskipun ia tak memiliki dzakar, / dikebiri / impoten / banci, melihat wanita ajnabiyyah yg musytahat (memasuki usia yg batal wudhu dgn menyentuhnya) hingga melihat wajahnya / dua telapak tangannya, baik bagian luar maupun dalamnya.
Adapun seorang laki-laki memandang isterinya / budak perempuan-Nya dlm kondisi hidup keduanya maka hukumnya boleh meskipun masih dlm keadaan dilarang untk istimta'(mengambil kesenangan kepadanya) seperti dlm kondisi haidh.
Tapi makruh melihat farji sendiri tanpa ada hajat. Adapun melihat wajah dan kedua telapak tangan wanita merdeka untk tujuan dinikahi maka diperbolehkan, Tapi jika seorang ia seorang budak maka diperbolehkan melihat selain anggota badannya diantara pusar dan lututnya.
Juga boleh melihat wajah wanita yg bukan mukrim dlm hal yg dibutuhkan untk menjadi saksi (syahadah) mapun dlm mu'amalah. demikian pula budak prempuan saat hendak menjualnya maka dibolehkan melihat bagian dlm badan.
ويجوز النظر إلى الأجنبية ومسّها للمداواة في المواضع التي يحتاج إليها ولو فرجا، بشرط حضور من يمنع الخلوة من محرم ونحوه، وبشرط فقد جنس معالج، ويجوز النظر إليها أيضا لتعليم الواجب فقط عليها كما قاله السبكي وغيره، وذلك عند فقد من يعلمها من المحارم والنساء، قياسا على المداواة، وعند تعسر التعليم من وراء حجاب. ولا يجوز النظر إليها لأجل تعليم المندوب، بخلاف الأمرد، فيجوز النظر إليه لأجله. كذا في شرح النهاية للشيخ المصري على الغاية لأبي شجاع.

Kondisi Yg Dibolehkan Melihat Wanita Boleh melihat wanita yg bukan muhrim dlm keperluan pengobatan, pd anggota badan yg sedang di obati sekalipun itu farji-Nya dgn syarat dihadiri mahromnya dan tak ada dokter perempuan. Boleh hukumnya melihat Ajnabiyyah dlm keperluan mengajarkan perkara-perkara yg wajib menurut agama.
hal ni dituturkan oleh Imam Subki dan yg lainnya. Dan kebolehan melihat ajnabiyyah yg sedang diajari perkara perkara wajib, jika memang tak ada yg mengajarinya baik mahrom ajnabiyah tadi / tak ada ustadzah. hal ni diqiyaskan dlm hal pengobatan,dan jika ditemukan kesulitan-kesulitan dlm belajar ketika dipasang hijab / sutroh.
Tidak diperbolehkan melihat ajnabiyyah jika yg diajarkan-Nya adlh masalah masalah sunah, berbeda dgn amrod, maka boleh melihat amrod ketika menyampaikan perkara yg sunah.
Demikianlah hukum yg dijelaskan oleh syeik Mishri dlm kitab Nihayah mensyarahi Al-ghoyah karangan Abi syuja'

0 Response to "Daftar Isi Kitab Uqudulujain"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *