This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Dunia Wanita] Pegel Linu, Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pegel Linu, Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya hotsvidz.blogspot.com - Rasa sakit nyeri otot / kerap disebut Pegal linu biasanya dipicu oleh kecapaian / kelelahan. Sakit pegal linu ni biasanya bisa sembuh dgn sendirinya dlm hitungan hari. Tapi demikian, saat seseorang mengalami pegal linu, hal tersebut membuat penderita merasa tak nyaman dan bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Pegal linu biasanya menyerang pd daerah persendian seperti leher, punggung, lengan, kaki dan pundak yg biasanya disebabkan oleh kekakuan pd otot dan bisa terjadi pd siapa saja.

Rasa pegal dan linu di tubuh ni bisa membuat seseorang merasa tak nyaman dan mengganggu aktivitasnya sehari-hari. Ternyata pegal linu bisa disebabkan oleh masalah ringan hingga masalah medis tertentu.

Pegal linu biasanya dipicu jika seseorang duduk dlm jangka waktu lama terutama pd pekerja yg diharuskan duduk berjam-jam di belakang meja, mengangkat beban terlalu berat, kurang olahraga, salah posisi tubuh dlm melakukan aktivitas fisik, melukis berjam-jam / akibat ketegangan emosi.

Penyebab Badan Merasa Pegal Linu
Berikut adlh beberapa hal yg bisa menyebabkan seseorang mengalami pegal linu pd tubuhnya:
  • Duduk di perjalanan panjang / terlalu lama di depan komputer, menyebabkan kaki dan pinggang terasa pegal dan nyeri. Penyebabnya pinggul terlalu lama menahan tubuh bagian atas dan kaki berada dlm posisi sama terlalu lama. Usahakan mengubah posisi duduk dgn menyandarkan tubuh, meluruskan kaki, / sesekali berdiri dan berjalan untk mengambil sesuatu.
  • Begadang bisa menyebabkan leher terasa tegang dan kaku. Usahakan tidur tak terlalu pagi dan cukupi kebutuhan istirahat sebanyak delapan jam tiap hari.
  • Tidur dgn posisi bantal sangat tinggi dan posisi yg salah bisa menyebabkan leher terasa pegal dan kaku karena aliran darah ke kepala tak lancar. Biasanya bantal ortopedi bisa membantu mengurangi rasa pegal karena bentuknya tepat menyangga leher.
  • Olahraga berguna untk meregangkan otot dan melumasi tiap sendi sehingga Anda bisa bergerak leluasa dan ringan. Sebaliknya, ketika Anda jarang / tak pernah berolahraga, ibarat besi berkarat, tubuh mudah nyeri dan pegal. Namun, olahraga berlebihan jg tak baik bagi tubuh, karena otot bisa robek.
  • Jika aktivitas sehari-hari terlalu banyak menggunakan tangan, selain kaku, tangan jg kerap kali kesemutan. Misalnya, terlalu sering memencet keypad smartphone / mengiris bumbu. Solusinya, berikan jam bebas pd tangan sehingga bisa beristirahat.
  • Terlalu lama berada di area berpendingin ruangan bisa memunculkan rasa lelah dan pegal. Karenanya sempatkan untk ke luar sebentar dan berjemur ke tempat yg terkena sinar matahari.
  • Pergantian udara dari panas ke dingin / sebaliknya dpt menyerang saraf-saraf di kepala sehingga menimbulkan sakit kepala sebelah / di seluruh kepala.
  • Saat Anda pergi beraktivitas, jangan memasukkan semua barang bawaan Anda dlm satu tas, termasuk laptop. Taruhlah laptop di tas terpisah, agar beban tak bertumpu pd satu lengan saja. Ingat, beban yg terlalu berat bisa memicu pegal.
Cara Mengatasi Pegal Linu

Bila bukan karena masalah medis, maka pegal linu biasanya bisa sembuh dgn sendirinya dgn cara:
  • Beristirahat
  • Melakukan peregangan dan pemijatan untk membuat otot rileks
  • Mengonsumsi cairan yg cukup
  • Memperbaiki postur tubuh yg salah dlm melakukan aktivitas / duduk.
Tapi bila ternyata rasa pegal dan linu yg dirasakan oleh tubuh tak jg kunjung sembuh / kerap kali muncul, maka ada baiknya bila pasien melakukan konsultasikan dgn dokter untk mengetahui apakah ada kondisi medis yg menyertainya yg menyebabkan badan pegal linu.

other source : http://fb.com, http://twitter.com, http://maduraaktual.blogspot.com

0 Response to "[Dunia Wanita] Pegel Linu, Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *