This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Ikan Air Laut] Yuk Membuat Nachos - Camilan sedap khas Meksiko

Yuk Membuat Nachos - Camilan sedap khas Meksiko
hotsvidz.blogspot.com - Masakan Meksiko sebenarnya cukup simple, mudah dibuat dan bahan-bahannya pun terjangkau serta sangat gampang ditemukan di negeri kita. Tapi yg membuat saya tak mengerti adlh mengapa harga seporsi makanan Meksiko seperti enchiladas, quesadilas, taco, burrito / bahkan yg super mudah seperti nachos harganya sangat mahal di restoran Meksiko? Padahal kalau mau ditelaah maka bahan-bahan penyusun masakan Meksiko tak jauh-jauh dari daging sapi, kacang-kacangan, tomat, beberapa jenis sayuran, tortilla, dan keju. Walau saya akui harga daging sapi dan keju cukup mahal di negeri ni tapi tetap saja harga yg dibandrol untk seporsi masakan Meksiko sulit saya terima dgn akal sehat.

Seperti ketika minggu lalu kala saya bertemu dgn seorang teman di sebuah restoran Meksiko di mall Kota Kasablanka. Kami memilih restoran ni bukan karena makanannya, karena jujur saja ni adlh kali pertama kami menginjakkan diri di restoran tersebut, melainkan karena akses wifinya yg lumayan cepat. Untuk dua gelas jus jeruk dan seporsi nachos dgn cincangan daging sapi di atasnya, maka kami harus merogoh kocek sebesar seratus enam puluh ribu rupiah. Sebuah harga yg menurut saya keterlaluan untk makanan yg sepele. Tapi berhubung karena teman saya memerlukan akses wifi dan tempat yang cozy untuk berdiskusi maka dgn terpaksa beberapa lembar lima puluh ribuan pun melayang keluar dari dlm dompet. ^_^

Yuk Membuat Nachos - Camilan sedap khas MeksikoYuk Membuat Nachos - Camilan sedap khas Meksiko
Walau saya akui rasa nachos di restoran tersebut sangat lezat tapi tetap saja saya merasa sedikit miris kala harus membayarnya. Hati ni pun langsung berjanji akan membuatnya sendiri di rumah saat weekend tiba. Jadi hari Minggu kemarin ketika Dimas, adik saya, datang ke rumah Pete, saya pun langsung tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Sebagaimana cowok umumnya, maka adik saya ni penggemar makanan asin dan gurih, jadi saya yakin dia pasti akan menyukai camilan ini. Karena tak memiliki persediaan keripik jagung tortilla di rumah maka saya pun membujuk Dimas yg sedang bergeletakan di atas kasur sambil bermain game. "Mau makanan Meksiko gak? Sana pergi beli tortilla chips gih di Indomart. Nanti kita makan pakai saus dagingnya." Tak perlu menunggu perintah dua kali, Dimas pun langsung berjalan ke minimart yg tak jauh dari rumah.

Seperempat kilogram daging sapi seharga dua puluh lima ribu rupiah, sedikit kacang merah rebus yg telah lama membeku di freezer (saya menggunakan kacang adzuki yg berwarna sangat gelap) dan dua pak corn tortilla chips yg tak terlalu mahal harganya adlh modal dasar yg harus saya siapkan untk menghadirkan nachos di rumah. Percayalah semua itu sangat jauh dan jauh lebih murah dibandingkan jika kita menyantapnya di restoran, selain itu porsinya pun sangat banyak sehingga saya, Dimas dan Heni bisa menyantapnya hingga kenyang. Komentar Dimas, "Wah beruntung banget punya Mbak bisa masak, aku jadi bisa mencicipi makanan Meksiko di rumah, " telah cukup membuat senyum saya terkembang lebar.
Yuk Membuat Nachos - Camilan sedap khas Meksiko
Nachos adlh makanan a la Tex-Mex (Texan dan Mexican) yg berasal dari Meksiko bagian Utara. Makanan ni terdiri atas keripik tortilla jagung yg ditutup dgn keju / saus dgn bahan dasar keju pd permukaannya, dan seringkali disajikan sebagai camilan. Versi yg lebih lengkap dgn menambahkan banyak bahan lainnya bisa jg dihidangkan sebagai makanan utama. Nachos pertama kali dibuat pd tahun 1943 oleh Ignacio "Nacho" Anaya, nachos original buatannya terdiri atas keripik jagung tortilla goreng yg disiram dgn lelehan keju cheddar dan irisan cabai jalapeno.

Nachos berasal dari kota Piedras Negras, Coahuila, Meksiko, yg berdekatan dgn perbatasan Eagle Pass. Pada tahun 1943, para istri tentara Amerika yg bermukim di Fort Duncan, tak jauh dari Eagle Pass, berkunjung ke Piedras Negras untk berbelanja. Mereka kemudian tiba di sebuah restoran yg hampir saja tutup. Sang Kepala Pelayan yaitu Ignacio "Nacho" Anaya kemudian menghidangkan makanan ringan untk mereka dgn bahan apapun yg masih tersedia di dapur yaitu tortilla dan keju. Anaya kemudian memotong tortilla menjadi bentuk segitiga, menambahkan parutan keju cheddar, memanggangnya sebentar dan menambahkan irisan cabai jalapeno diatasnya dan lantas menghidangkan makanan ini. Ketika para tamu ni bertanya apa nama makanan yg disajikan tersebut, Anaya menjawab "Nacho's especiales". Nama makanan ni kemudian tersebar, dan berubah menjadi "spesial nachos".

Anaya kemudian pindah dan bekerja di Restoran Moderno di Piedras Negras, dimana beliau masih menggunakan resep aslinya. Beliau kemudian membuka restoran sendiri bernama "Nacho's Restaurant", di Piedras Negras. Resep nachos asli Anaya kemudian dicetak pd St. Anne's Cookbook pada tahun 1954. Makanan ni kemudian menjadi sangat terkenal dan menyebar ke seluruh Texas dan Bagian Barat Daya. Kehadiran kata "nachos" dlm bahasa Inggris pertama kali dikenal pd tahun 1950, dari buku A Taste of Texas. Menurut sejarah restoran El Cholo, pelayan Carmen Rocha dihargai karena membuat nachos di San Antonio, Texas, sebelum kemudian memperkenalkan makanan ni di restoran Meksiko El Cholo di Los Angeles pd tahun 1959. Saat ni nachos hadir dgn aneka variasi, yg umum adlh keripik jagung tortilla goreng yg di beri topping kacang merah, daging dan parutan keju parut diatasnya.

Yuk Membuat Nachos - Camilan sedap khas Meksiko
Untuk membuat nachos sendiri sangat lah mudah. Hal pertama yg kita perlukan adlh keripik jagung tortilla, bahan ni mudah ditemukan di supermarket, / minimart, aneka merk tersedia disana tapi biasanya merk Happytos paling mudah ditemukan. Kita bisa membeli yg berbentuk segitiga / persegi panjang seperti yg saya pergunakan. Selain dengan topping cincangan daging seperti resep yg saya bagikan kali ini, maka nachos jg bisa disantap dgn saus keju. Jika anda pernah mengikuti postingan pancake dgn saus keju yg pernah saya hadirkan sebelumnya di JTT, maka saus kejunya bisa anda gunakan untk menemani si tortilla chips. Resep saus keju bisa anda klik pd link disini. Walau dgn saus keju rasa tortilla chips ni sudah terasa lezat tapi dgn saus daging plus salsa maka saya yakin akan membuat anda semakin ketagihan.

Nah sebagaimana makanan Meksiko umumnya, maka ada beberapa rempah yg wajib kudu ada jika kita hendak mencoba membuat nachos. Walau tentu saja kita bisa skip rempah ni jika memang tak tersedia di dapur tapi saran saya, usahakan untk tetap mengikuti resep aslinya karena rasanya akan jauh berbeda ketika menggunakan rempah-rempah yg disarankan. Jintan (cumin) dan oregano adlh dua rempah yg akan membuat hidangan ni menjadi spesial. Untuk jintan, saya yakin kita tak akan terlalu sulit untk mendapatkannya, sedangkan oregano biasanya supermarket besar menyediakannya dibagian bumbu instan dan bubuk. Carilah oregano bubuk yg berkualitas baik, saya menggunakan merk McCormick, karena berbau harum dan awet. Satu botol kecil oregano bubuk harganya sekitar tiga puluh ribu rupiah dan bisa digunakan untk berpuluh-puluh masakan. Simpan di chiller kulkas agar tak berjamur dan tak mudah berbau apak.

Yuk Membuat Nachos - Camilan sedap khas MeksikoYuk Membuat Nachos - Camilan sedap khas Meksiko
Nachos biasanya selain disantap bersama saus dagingnya jg dgn siraman saus salsa segar yg terbuat dari tomat, cabai dan air jeruk nipis / lemon. Berbeda dgn saus salsa yg pernah saya hadirkan di JTT dgn resep dan proses yg lebih ribet maka versi saus salsa yg ni lebih mudah dibuat dari bahan-bahan yg masih fresh dan mirip dgn sambal dabu-dabu Manado. Nah rempah lain yg bisa ditambahkan di salsa adlh daun ketumbar / coriander leaves. Walau saya sangat menggemari tumbuhan rempah ni tapi sayangnya jarang tersedia di rumah Pete sehingga dgn terpaksa saya skip dari resep. Tapi jika anda memilikinya maka daun ketumbar akan membuat rasa nachos menjadi lebih sedap.

Ingin tahu cara membuat saus salsa sedap versi lainnya? Klik di Homemade Tomato Salsa.

Untuk kacang yg digunakan, biasanya makanan Meksiko menggunakan kacang pinto dan kacang hitam (black beans). Kacang pinto merupakan sejenis kacang merah (kidney beans) hanya saja memiliki bercak / totol-totol di permukannya. Kita bisa menggunakan jenis kacang merah biasa untk menggantikannya. Untuk hidangan ni saya menggunakan kacang adzuki, sejenis kacang merah dari Jepang yg berukuran lebih kecil dan lebih gelap warnanya, biasanya digunakan untk bahan pengisi mochi / roti.

Okeh saya akhiri penjelasan saya mengenai nachos, asal muasal dan bahan-bahan penyusunnya. Yuk kita lihat resep dan prosesnya di bawah ini.

Yuk Membuat Nachos - Camilan sedap khas Meksiko
Nachos Topping Daging Cincang dan Salsa
Resep hasil modifikasi sendiri
Untuk 2 pak nachos
Tertarik dgn makanan a la Meksiko lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Enchiladas Isi Ayam
Homemade Tortilla - Lembut, empuk dan mudah digulung!
Chicken Fajitas - Masakan Ayam a la Tex-Mex

Bahan: - 2 pak keripik jagung tortilla (corn tortilla chips)
Bahan dan bumbu saus: - 1 sendok makan minyak untk menumis - 1/2 butir bawang bombay, rajang halus - 3 siung bawang putih, cincang halus - 250 gram daging sapi cincang - 1/2 sendok teh oregano bubuk - 1/2 sendok teh jintan bubuk - 2 sendok teh cabai bubuk (optional)- 1/2 sdt merica hitam bubuk - 2 sendok makan saus tomat - 2 sendok makan saus sambal botolan - 200 gram kacang merah rebus - 1 batang daun bawang rajang halus
- 50 ml air - 1/2 buah cabai merah besar, buang bijinya dan cincang halus (optional) - 1/2 buah cabai hijau besar, buang bijinya dan cincang halus (optional) - 1 1/2 sendok teh garam - 1 sendok teh gula pasir

Bahan saus salsa: - 1/2 buah cabe merah besar, buang bijinya dan cincang halus - 1/2 buah cabai hijau besar, buang bijinya dan cincang halus - 1 buah tomat merah potong kotak kecil - jus lemon/jeruk nipis dari 1/2 butir jeruk
Cara membuat:

Yuk Membuat Nachos - Camilan sedap khas Meksiko
Siapkan wajan, panaskan 1 sendok makan minyak. Tumis bawang bombay hingga harum dan transparan. Tambahkan bawang putih, tumis hingga harum dan matang. Masukkan cincangan daging sapi, aduk dan tumis hingga daging berubah warna menjadi tak pink lagi.

Masukkan jintan bubuk, oregano bubuk, cabai bubuk, merica, saus tomat dan saus sambal, aduk hingga rata dan tumis selama 1 menit.

Yuk Membuat Nachos - Camilan sedap khas Meksiko
Tambahkan kacang merah rebus, dan daun bawang, aduk rata. Tuangkan air, masak hingga air mengering. Masukkan gula, garam dan cabai, aduk rata, cicipi rasanya, tambahkan garam jika kurang asin. Angkat dan sisihkan.

Note: saus harus kering dan tak basah, saus yg basah akan membuat keripik menjadi mudah melempem kala saus disiramkan ke atasnya.

Yuk Membuat Nachos - Camilan sedap khas Meksiko
Untuk saus salsa, siapkan mangkuk, masukkan semua bahan saus, aduk rata.

Tata keripik tortilla di piring / mangkuk, taburi saus daging, saus salsa dan sedikit keju parut (optional), santap saat itu juga. Atau sajikan saus secara terpisah. Super yummy!

Source:
Wikipedia - Nachos

0 Response to "[Ikan Air Laut] Yuk Membuat Nachos - Camilan sedap khas Meksiko"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *