This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

Jitu Tingkatkan Kemampuan Otak

Jitu Tingkatkan Kemampuan Otak
hotsvidz.blogspot.com - Otak merupakan organ tubuh paling penting untk manusia yg berperan seperti prosesor pd komputer. Semua aktivitas tubuh diatur dan diproses secara cepat dan baik oleh otak. Oleh karena itu, dlm bidang kedokteran sudah banyak para peneliti yg selalu aktif dan tertarik dlm penelitian tentang keajaiban dan betapa tingginya kemampuan otak manusia.

Penelitian mengenai otak tak akan ada selesainya karena selalu ada saja kajian terbaru yg memusatkan perhatian tentang cara kerja otak dan bagaimana cara agar otak semakin naik kemampuan ataupun kekuatannya.

Bahkan jika dibandingkan dgn berbagai makhluk di dunia, otak ternyata memiliki ciri dan sifat khas tersendiri. Bersyukurlah kita sudah dianugerahi otak yg tak terhingga nilainya oleh Tuhan. Kita sebagai manusia sebaiknya untk selalu menjaga dan memanfaatkannya untk melakukan aktivitas positif sehari-hari. Ingat, jika otak kita selalu berpikir dan bertindak untk hal baik, maka efeknya jg akan baik pd diri kita baik jiwa dan raga.

Banyak orang ingin mendapatkan otak yg sehat, baik dan cerdas. Sebenarnya ada berbagai cara yg ditempuh orang agar mereka bisa mendongkrak kekuatan dan kemampuan otak. Bahkan tanpa perlu dibatasi berapa usia seseorang, dikarenakan organ otak akan selalu mengalami pertumbuhan dan perkembangan.

Dalam waktu 24 jam, otak kita selalu aktif bekerja menjalankan berbagai macam tugas dan fungsinya. Beberapa studi limiah menyatakan bahwa ada waktu tertentu yg bagus dlm mendongkrak kekuatan otak agar bisa berfungsi lebih baik karena kita semua tahu otak memiliki pekerjaan yg tak sedikit dlm mengatur dan memproses organ-organ tubuh lainnya. Waktu pagi adlh waktu yg tepat untk melatih otak agar lebih terpacu kekuatan dan kemampuannya serta tak terkecuali untk memelihara otak tetap sehat. Di pagi hari, otak lebih segar karena sudah mengalami istirahat di malam hari saat tidur. Jadi, ketika pagi otak dpt dimulai dgn aktivitas tertentu untk mendongkrak otak supaya lebih encer dan siap tempur.

Mungkin Anda bertanya-tanya dan penasaran, bagaimana cara dan tips agar kemampuan otak menjadi lebih baik dan sehat. Hasil yg ditunjukkan oleh para ahli otak, ada delapan cara mudah dlm menaikkan kinerja otak pd saat pagi hari.

Apakah Anda ingin otak bisa bekerja lebih optimal dan cerdas? Anda akan mengetahui banyak cara yg bisa diterapkan.

Tidak dpt dipungkiri, makanan adlh faktor terpenting dlm proses meningkatkan kemampuan otak. Tidak seperti yg dilakukan oleh sebagian orang seperti mengkonsumsi obat-obatan khusus.

Makanan di dlm pandangan banyak orang hanya dianggap berfungsi sebagai asupan / sumber energi untk tubuh.

Tapi faktanya makanan disamping sebagai sumber energi jg bisa menambah daya kemampuan otak. Makanan sebaiknya tak dianggap jg sebagai pemuas lidah semata, dgn hanya menikmati rasa makanan yg lezat tapi jg harus dipilih makanan apa saja yg dpt bermanfaat untk kesehatan dan kemampuan otak agar lebih baik.

Pagi hari adlh saat dimana kita memulai aktivitas harian seperti sekolah, bekerja, dan lain sebagainya. Pertama dan utama yg harus diperhatikan adlh kita harus mengawalinya dgn sarapan yg menyehatkan.

Otak kita akan menjadi lebih nyaman dlm berpikir untk digunakan dlm pengambilan keputusan dan bersemangat dlm belajar bermacam hal apapun. Tidak heran, jika kita sekolah dari kecil terasa lebih segar jika dijalani di pagi hari.

Tak terkecuali dlm hal olahraga, pagi bisa dijadikan waktu yg baik untk melakukan aktivitas tersebut karena didukung dgn adanya udara yg masih segar dan bersih dari polusi. Otak akan lebih menyerap oksigen dibanding karbon dioksida dan zat polusi lain.

Pasti Anda penasaran tentang bagaimana cara dan tips memperbaiki kekuatan otak pd saat pagi hari. Berikut ni ada 8 cara yg bisa dilakukan untk menambah kapabilitas otak agar lebih optimal.


1. Biasakan mandi dgn air dingin di pagi hari

Siapa yg menyangka bahwa mandi pagi hari dgn air dingin ternyata bisa membuat otak kita menjadi kuat. Hal tersebut tak bisa diperoleh jika seseorang mandi dgn air hangat. Cara ni terlihat sederhana tapi punya efek baik dan berkaitan erat dgn otak.

Selalu rutinkan mandi menggunakan air dingin segera sesudah Anda bangun pagi hari. Dalam penelitian, alangkah lebih baik jika mandi saat sebelum subuh karena dinyatakan bisa mencegah berbagai penyakit. Badan Anda akan menjadi lebih segar terutama otak Anda.

Mandi pagi sangat berperan dlm meningkatkan kemampuan dan jg kinerja otak agar bisa produktif dlm bekerja dan belajar hal apapun.


2. Membaca tulisan / buku bermanfaat

Kegiatan membaca sudah jelas dpt merangsang otak Anda untk berpikir mulai dari mengenali huruf demi huruf, kalimat demi kalimat sampai Anda mencerna dan memahami informasi yg Anda baca. Dengan membaca otak akan lebih muda, melatih kemampuan mengingat, terhindar dari stres, dan jg menambah wawasan positif Anda dlm hidup.


3. Selalu tidur teratur dan tepat waktu secara disiplin

Usahakan agar Anda selalu bangun pagi secara teratur pd waktu yg sama. Mengapa ni penting, karena otak Anda akan jg mudah dlm membiasakan otak dan tubuh Anda bangun pagi pd waktu yg sama secara teratur tiap hari.

Walaupun bangun pagi pd waktu yg sama cukup sulit dilakukan oleh sebagian orang, cara ni patut dan bagus sekali untk diterapkan karena pengaruhnya besar pd kekuatan otak.

Jadi, keistimewaan bangun pagi dgn waktu yg sama akan mempermudah Anda dlm mengambil keputusan dan lebih jernih dlm berpikir, serta dpt memaksimalkan energi Anda selalu dlm keseharian.


4. Bersantai sambil minum kopi

Nikmatnya jika pd pagi hari kita bisa merasakan nikmatnya kopi meskipun secangkir saja. Kopi dpt mengaktifkan dan mendongkrak kemampuan otak.

Hasil penelitian membuktikan, bahwa dgn minum kopi dlm kadar yg secukupnya saja bisa membuat otak lebih cemerlang dan menambah daya ingat.


5. Mulai dgn sarapan sehat dan bergizi

Banyak yg menganggap sarapan adlh hal yg bisa saja dilakukan / ditinggalkan. Padahal, waktu pagi adlh waktu yg baik untk memberikan asupan energi pd tubuh melalui makanan yg sehat dan bergizi.

Jika Anda ingin menaikkan kemampuan otak dgn mudah, lakukan sarapan sehat tiap pagi untk memulai aktivitas dgn lancar dan semangat.


6. Rutin berolahraga tiap pagi

Apa artinya jika selalu mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, tapi tak rutin melakukan olahraga. Salah satu aktivitas yg bisa membuat peredaran darah lebih lancar adlh berolahraga. Olahraga sangat berguna untk mengalirkan zat-zat gizi ke seluruh bagian tubuh.

Anda tak usah khawatir olahraga apa yg cocok untk meningkatkan kinerja otak. Tidak perlu olahraga yg rumit dan berat. Cukup lakukan olahraga yg menurut Anda ringan, seperti jalan kaki dan jogging. Itu cukup membantu badan Anda lebih segar dan membangkitkan kemampuan otak Anda serta mampu memperkuat memori Anda


7. Bermain teka-teki silang

Otak adlh organ yg salah satunya berfungsi untk berpikir, maka dari itu latihlah agar otak menjadi lebih tajam dan cerdas.

Ada cara mudah yg bisa dilakukan untk melatih otak Anda yaitu dgn sering menjawab pertanyaan teka-teki silang / menyusun puzzle. Apalagi sekarang bagi Anda yg menggunakan smartphone lebih mudah mendapatkan permainan ni untk dijadikan sarana latihan otak Anda agar lebih meningkatkan kemampuan.

Anda bisa melakukannya pagi hari, tapi ingat jangan terlalu lama bermain ini. Karena ada aktivitas yg lebih penting dari bermain puzzle / teka-teki silang.


8. Waktu tidur yg cukup sekitar 7 jam

Otak pasti akan mengalami kelelahan ketika sepanjang hari bekerja memproses semua aktivitas tubuh. Tidur yg cukup dan proporsional adlh solusi untk mengistirahatkan otak dan jalan untk meningkatkan kekuatan otak Anda.

Khusus untk orang dewasa, waktu yg diperlukan untk tidur yg memadai adlh selama 7 jam agar memperkuat otak.

Buat tidur Anda lebih nyenyak dan aman dari gangguan. Matikan alat elektronik maupun gadget di kamar Anda, karena dpt merusak otak Anda pd saat tidur. Matikan lampu kamar, agar tubuh tak tersinari gelompang panas radiasi dari cahaya lampu. Tubuh Anda pun akan lebih segar dan enteng ketika bangun dari tidur.

other source : http://mrasyiduddin.blogspot.com, http://twitter.com, http://tempo.co

0 Response to "Jitu Tingkatkan Kemampuan Otak"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *