This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[sahabat Nabi] Tetangga yang Baik

hotsvidz.blogspot.com - Tetangga yg Baik

Diriwayatkan dari Sahal bin Abdillah rahimahullah, bahwa dia mempunyai seorang tetangga yg merupakan orang dzimmiy (orang non-muslim yg tinggal di wilayah Islam, memiliki hak keamanan harta dan jiwa dgn membayar jizyah). Dan dari rumah orang dzimmiy itu ada kebocoran yg menimbulkan tetesan air ke rumah Sahal.
Setiap hari Sahal menampung air bocoran itu di dlm suatu wadah agar tak menyebar di rumahnya. Jika telah penuh Sahal membuangnya pd malam hari agar tak dilihat oleh orang. Keadaan itu terus berlangsung lama sampai ketika ajal sudah mendatangi Sahal.
Lalu tetangganya yg dzimiiy Majusi itu datang menjenguknya ketika ia sedang sakit menjelang meninggalnya. Sahal menyuruhnya masuk ke sebuah ruangan di rumahnya agar tetangganya itu melihat apa yg terjadi di dalamnya. Begitu Majusi itu masuk, ia langsung melihat adanya kebocoran dari rumahnya dan airnya menetes ke rumah Sahal. Ia paham, hal ni tentu saja mengganggu Sahal. Ia kemudian bertanya, Apa sebenarnya yg kulihat ini?

Sahal berkata, Hal ni sudah berlangsung lama, air menetes dari rumahmu ke rumahku ini. Dan saya menampungnya di siang hari, kemudian membuangnya pd malam hari. Kalaulah bukan karena ajalku telah tiba, dan aku takut orang lain tak sanggup menerima keadaan ini, aku tak akan memberitahukan hal ni kepadamu. Makanya aku melakukan hal telah kau lihat ini.
Orang Majusi itu berkata: Wahai Syekh! Engkau telah memperlakukan aku dgn toleransi tinggi seperti ini, sedangkan saya tetap saja memegang kekufuranku. Tolong julurkanlah tangan anda, inilah saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan saya bersaksi bahwa Muhammad adlh utusan Allah (Asyhadu anlaa ilaaha illallah wa asyhadu anna Muhammadan rasulullah). Setelah itu Sahal kemudian meninggal.

source : http://hipwee.com, http://wikipedia.org, http://menuju-pencerahan.blogspot.com

0 Response to "[sahabat Nabi] Tetangga yang Baik"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *