hotsvidz.blogspot.com - Sayyidina Ali bin Abi Thalib adlh khalifah rasyid yg keempat. Keutamaan dan keistimewaannya adlh sesuatu yg tak diragukan lagi kecuali oleh orang-orang Khawarij yg lancang memerangi bahkan menumpahkan darahnya. Sayyidina Ali bin abi thalib merupakan sahabat, menantu, serta murid setia Rasulullah SAW yg mempunyai banyak keutamaan seperti disebutkan dlm beberapa hadis Nabi SAW yg terdapat dlm kitab-kitab hadis shahih. Berikut ni beberapa hadis keutamaan Sayyidina Ali bin abi Thalib yg terucap dari yg Mulia Rasulullah SAW:
Kedudukan Sayyidina Ali di Sisi Rasulullah
Ibrahim bin Saad bin Abi Waqqash meriwayatkan dari ayahnya, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda kepada Sayyidina Ali, Apakah engkau tak ridha kedudukanmu di sisiku seperti kedudukan Harun di sisi Musa. (Muttafaq ‘alaihi). Hadis ni Rasulullah sampaikan kepada Sayyidina Ali saat beliau tak menyertakan Sayyidina Ali bin Abi Thalib dlm pasukan Perang Tabuk. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkannya agar menjadi wakil beliau di kota Madinah. Sayyidina Ali yg merasa tak nyaman hanya tinggal bersama wanita, anak-anak, dan orang tua yg udzur tak ikut perang dihibur Rasulullah dgn sabda beliau di atas. Sa’d bin Abi Waqqash radlhiallahu ‘anhu membawakan hadits semisal dlm ash-Shahihain:
عن سعد بن أبي وقاص قال خلف رسول الله صلى الله عليه وسلم علي بن أبي طالب في غزوة تبوك فقال يا رسول الله تخلفني في النساء والصبيان فقال أما ترضى ان تكون مني بمنزلة هارون من موسى غير انه لا نبي بعدي
Dari Sa’ad bin Abi Waqqash ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah memberi tugas Sayyidina Ali bin Abi Thalib saat perang Tabuk (untuk menjaga para wanita dan anak-anak di rumah). Sayyidina Ali pun berkata, ‘Wahai Rasulullah, engkau hanya menugasiku untk menjaga anak-anak dan wanita di rumah ?’ Maka beliau menjawab, ‘Tidakkah engkau rela mendapatkan kedudukan di sisiku seperti kedudukan Harun di sisi Musa, hanya saja tak ada nabi setelahku ? (Diriwayatkan oleh al-Bukhari no. 4416 dan Muslim no. 2404).
Hadis ni dipakai oleh orang-orang yg berlebihan dlm mengagungkan Sayyidina Ali bin Abi Thalib sebagai legitimasi bahwa Sayyidina Ali lebih mulia dari Abu Bakar dan Umar. Padahal hadis ni adlh pembelaan Rasulullah terhadap Sayyidina Ali yg dituduh oleh orang-orang munafik bahwa dia merasa berat untk berangkat perang.
Sayyidina Ali berkata, Wahai Rasulullah, orang-orang munafik mengatakan bahwa engkau menugaskan aku karena engkau memandang aku berat untk berangkat jihad dan kemudian memberikan keringanan. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Mereka telah berdusta! Kembalilah, aku menugaskanmu untk mengurus keluargaku dan keluargamu. ‘Tidakkah engkau rela mendapatkan kedudukan di sisiku seperti kedudukan Harun di sisi Musa, hanya saja tak ada nabi setelahku?. Maka Sayyidina Ali pun akhirnya kembali ke Madinah (Taariikhul-Islaam, 1: 232).
Sayyidina Ali adlh Pintu gerbang Ilmu Nabi SAW. Hadis Pertama:
ثنا أبو الحسين محمد بن أحمد بن تميم القنطري ثنا الحسين بن فهم ثنا محمد بن يحيى بن الضريس ثنا محمد بن جعفر الفيدي ثنا أبو معاوية عن الأعمش عن مجاهد عن بن عباس رضى الله تعالى عنهما قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم أنا مدينة العلم وعلي بابها فمن أراد المدينة فليأت الباب
Telah menceritakan kepada kami Abu Husain Muhammad bin Ahmad bin Tamim Al Qanthari yg berkata telah menceritakan kepada kami Husain bin Fahm yg berkata telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Yahya bin Dharisy yg berkata telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far Al Faidiy yg berkata telah menceritakan kepada kami Abu Muawiyah dari Al ‘Amasy dari Mujahid dari Ibnu Abbas RA yg berkata Rasulullah SAW bersabda Aku adlh kota ilmu dan Ali adlh pintunya dan siapa yg hendak memasuki kota itu hendaklah melalui pintunya [Mustadrak As Shahihain Al Hakim no 4638 dishahihkan oleh Al Hakim dan Ibnu Ma’in] Hadis kedua:
حدثنا ابن عوف حدثنا محفوظ بن بحر الأنطاكي حدثنا موسى بن محمد الأنصاري الكوفي عن أبي معاوية عن الأعمش عن مجاهد عن ابن عباس رضي الله عنهما مرفوعا أنا مدينة الحكمة وعلي بابها
Telah menceritakan kepada kami Ibnu ‘Auf yg berkata telah menceritakan kepada kami Mahfuzh bin Bahr Al Anthakiy yg berkata telah menceritakan kepada kami Musa bin Muhammad Al Anshari Al Kufi dari Abi Muawiyah dari Al ‘Amasy dari Mujahid dari Ibnu Abbas RA secara marfu’[dari Rasulullah SAW] Aku adlh kota hikmah dan Ali adlh pintunya. [Min Hadits Khaitsamah bin Sulaiman 1/184 no 174].
Hadis ni shahih diriwayatkan oleh para perawi tsiqah. Khaitsamah bin Sulaiman adlh seorang Imam tsiqat Al Muhaddis dari Syam seperti yg dikatakan oleh Adz Dzahabi [As Siyar 15/412 no 230]. Sayyidina Ali adlh Pemimpin Bagi Setiap Mukmin Sepeninggal Nabi SAW. Diriwayatkan dgn berbagai jalan yg shahih dan hasan bahwa Rasulullah SAW bersabda kalau Imam Ali adlh Pemimpin bagi tiap mukmin sepeninggal Beliau SAW. Hadis tersebut diriwayatkan oleh Imran bin Hushain RA, Buraidah RA, Ibnu Abbas RA dan Wahab bin Hamzah RA. Rasulullah SAW bersabda:
إن عليا مني وأنا منه وهو ولي كل مؤمن بعدي
Ali dari Ku dan Aku darinya dan Ia adlh Pemimpin bagi tiap mukmin sepeninggalKu.
Hadis di atas adlh lafaz riwayat Imran bin Hushain RA. Disebutkan dlm Musnad Abu Dawud Ath Thayalisi 1/111 no 829, Sunan Tirmidzi 5/296, Sunan An Nasa’i 5/132 no 8474, Mushannaf Ibnu Abi Syaibah 7/504, Musnad Abu Ya’la 1/293 no 355, Shahih Ibnu Hibban 15/373 no 6929, Mu’jam Al Kabir Ath Thabrani 18/128, dan As Sunnah Ibnu Abi Ashim no 1187.
Sayyidina Ali adlh Orang yg pertama Kali Masuk Islam. Berikut ni adlh riwayat Shahih bahwa yg masuk islam pertama kali adlh Ali bin Abi Thalib. Diriwayatkan Imam Ahmad dlm Musnad Ahmad 4/368:
حدثنا عبد الله حدثني أبي ثنا وكيع ثنا شعبة عن عمرو بن مرة عن أبي حمزة مولى الأنصار عن زيد بن أرقم قال أول من أسلم مع رسول الله صلى الله عليه و سلم علي رضي الله تعالى عنه
Telah menceritakan kepada kami Abdullah yg berkata telah menceritakan kepadaku Ayahku yg berkata telah menceritakan kepada kami Waki’ yg berkata telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari Amru bin Murrah dari Abu Hamzah Mawla Al Anshari dari Zaid bin Arqam yg berkata Orang yg pertama kali masuk Islam dgn Rasulullah SAW adlh Ali RA.
Hadis riwayat Zaid bin Arqam ni disebutkan dlm Syarh Musnad Ahmad Tahqiq Syaikh Ahmad Syakir dan Hamzah Zain hadis no 19177 bahwa sanadnya shahih. Imam Ahmad jg menyebutkan hadis Zaid dlm Fadhail As Shahabah 2/637 no 1000 dimana pentahqiq kitab tersebut Syaikh Wasiullah bin Muhammad Abbas berkata sanadnya shahih. Diriwayatkan pula oleh Al Hakim dlm Mustadrak As Shahihain 3/136 no 4663 dan Beliau mengatakan bahwa sanadnya shahih. Adz Dzahabi jg menshahihkannya dlm Talkhis Al Mustadrak. An Nasa’i menyebutkan hadis Zaid dlm Al Khasa’is hal 26 hadis no 3 dan berkata Syaikh Abu Ishaq Al Huwaini dlm Tahdzib Al Khasa’is no 3 bahwa sanadnya shahih. Imam Tirmidzi jg meriwayatkan hadis ni dlm Sunan Tirmidzi 5/642 no 3735 dan berkata Abu Isa At Tirmidzi hadis hasan shahih. Syaikh Al Albani jg menyatakan shahih hadis ni dlm Shahih Sunan Tirmidzi no 3735.
Sayyidina Ali adlh as-Shiddiq.
Sayyidina Ali pernah berkhutbah di hadapan orang-orang dan mengakui kalau dirinya adlh Ash Shiddiq disebabkan Beliau adlh orang yg pertama kali membenarkan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, masuk islam dan beribadah bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.
Hadits Riwayat Mu’adzah Al Adawiyah:
حدثنا زياد بن يحيى أبو الخطاب قال حدثنا نوح بن قيس وحدثني أبو بكر مصعب بن عبد الله بن مصعب الواسطي قال حدثنا يزيد بن هارون قال أنبأ نوح بن قيس الحداني قال حدثنا سليمان بن عبد الله أبو فاطمة قال سمعت معاذة العدوية تقول سمعت علي بن أبي طالب رضي الله عنه يخطب على منبر البصرة وهو يقول أنا الصديق الأكبر آمنت قبل أن يؤمن أبو بكر وأسلمت قبل أن يسلم
Telah menceritakan kepada kami Ziyad bin Yahya Abul Khaththab yg berkata telah menceritakan kepada kami Nuh bin Qais. Dan telah menceritakan kepada kami Abu Bakar Mush’ab bin ‘Abdullah bin Mush’ab Al Wasithi yg berkata telah menceritakan kepada kami Yazid bin Harun yg berkata telah memberitakan kepada kami Nuh bin Qais Al Hadaaniy yg berkata telah menceritakan kepada kami Sulaiman bin ‘Abdullah Abu Fathimah yg berkata aku mendengar Mu’adzah Al ‘Adawiyah yg berkata aku mendengar Ali bin Abi Thalib radiallahu’anhu berkhutbah di atas mimbar Bashrah dan ia mengatakan aku adlh Shiddiq Al Al Akbar aku beriman sebelum Abu Bakar beriman dan aku memeluk islam sebelum ia memeluk islam [Al Kuna Ad Duulabiy 5/189 no 1168]
Hadis ni jg disebutkan Ibnu Abi Ashim dlm Al Ahad Wal Matsani 1/151 no 187, Al Uqaili dlm Adh Dhu’afa 2/131 no 616, Ibnu Ady dlm Al Kamil 3/274 dan Al Bukhari dlm Tarikh Al Kabir juz 4 no 1835 semuanya dgn jalan sanad dari Nuh bin Qais dari Sulaiman bin Abdullah Abu Fathimah dari Mu’adzah Al ‘Adawiyah dari Ali radiallahu ‘anhu. Riwayat Ad Duulabiy di atas diriwayatkan oleh para perawi tsiqat kecuali Sulaiman bin Abdullah Abu Fathimah.
Sayyidina Ali Adalah Saudara Nabi, Pewaris Nabi dan Wazir Nabi SAW. Telah diriwayatkan dlm hadis shahih kalau imam Ali telah mewarisi Nabi SAW. Hal ni diakui oleh Qutsam bin Abbas RA. Beliau adlh putra dari paman Nabi SAW. Al Ijli menyebutkan kalau Qutsam bin Abbas RA termasuk sahabat Nabi SAW [Ma’rifat Ats Tsiqah no 1514].
أخبرنا أبو النضر محمد بن يوسف الفقيه ثنا عثمان بن سعيد الدارمي ثنا النفيلي ثنا زهير ثنا أبو إسحاق قال عثمان وحدثنا علي بن حكيم الأودي وعمر بن عون الواسطي قالا ثنا شريك بن عبد الله عن أبي إسحاق قال سألت قثم بن العباس كيف ورث علي رسول الله صلى الله عليه وسلم دونكم قال لأنه كان أولنا به لحوقا وأشدنا به لزوقا Telah mengabarkan kepada kami Abu Nadhr Muhammad bin Yusuf Al Faqih yg berkata telah menceritakan kepada kami Utsman bin Sa’id Ad Darimi yg berkata telah menceritakan kepada kami An Nufaili yg berkata telah menceritakan kepada kami Zuhair yg berkata telah menceritakan kepada kami Abu Ishaq. Utsman [Ad Darimi] berkata dan telah menceritakan kepada kami Ali bin Hakim Al Awdiy dan ‘Amru bin ‘Awn Al Wasithi yg keduanya berkata telah menceritakan kepada kami Syarik bin Abdullah dari Abu Ishaq yg berkata aku bertanya kepada Qutsam bin Abbas bagaimana Ali bisa mewarisi Nabi SAW tanpa kalian? Ia berkata karena diantara kami Ali adlh orang yg pertama mengikuti Nabi dan orang yg paling dekat kedudukannya di sisi Beliau [Mustadrak Shahihain 3/136 no 4633]
Sayyidina Ali Adalah Ayah Dari Pemimpin Pemuda Surga
Sayyidina Ali bin Abi Thalib radhiallahu ‘anhu adlh ayah dari dua orang cucu kesayangan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, yakni Hasan dan Husein. Kedua cucu beliau ni adlh pemimpin para pemuda di surga. Rasulullah bersabda,
الحَسَنُ وَالحُسَيْنُ سَيِّدَا شَبَابِ أَهْلِ الجَنَّةِ
al-Hasan dan al-Husain adlh pemimpin pemuda ahli Surga. (HR. at-Tirmidzi, no. 3781)
Hadis 12 Pemimpin
روى جابر بن سَمُرة فقال: سمعتُ النبيّ صلّي الله عليه [وآله] وسلّم يقول: يكون اثنا عشر أميراً. فقال كلمةً لم أسمعها، فقال أبي: أنّه قال: كلّهم من قريش. Jabir bin Samurah meriwayatkan, Aku mendengar Nabi (saww) berkata :Kelak akan ada Dua Belas Pemimpin. Ia lalu melanjutkan kalimatnya yg saya tak mendengarnya secara jelas. Ayah saya mengatakan, bahwa Nabi menambahkan, Semuanya berasal dari suku Quraisy.[Sahih Bukhari (inggris), Hadits: 9.329, Kitabul Ahkam; Sahih al-Bukhari (arab) , 4:165, Kitabul Ahkam]
Sayyidina Ali bin Abi Thalib mengatakan,
وَالَّذِى فَلَقَ الْحَبَّةَ وَبَرَأَ النَّسَمَةَ إِنَّهُ لَعَهْدُ النَّبِىِّ الأُمِّىِّ -صلى الله عليه وسلم- إِلَىَّ أَنْ لاَ يُحِبَّنِى إِلاَّ مُؤْمِنٌ وَلاَ يُبْغِضَنِى إِلاَّ مُنَافِقٌ
Demi Dzat yg membelah biji-bijian dan melepaskan angin. Sesungguhnya Nabi telah berjanji kepadaku bahwa tak ada yg mencintaiku kecuali ia seorang mukmin, dan tak ada yg membenciku kecuali ia seorang munafik. (HR. Muslim, no. 249)
Tentu saja, mencintai Sayyidina Ali bukan hanya klaim semata. Mencintainya adlh dgn mengikuti perintahnya, tak melebih-lebihkannya dari yg semestinya, dan mencintai orang-orang yg ia cintai. Sayyidina Ali mengutamakan Abu Bakar dan Umar atas dirinya, demikian jg semestinya orang-orang yg mengaku mencintainya, mengikuti keyakinannya.
Disamping sifat-sifat mulia itu semua, Sayyidina Ali Kw. adlh salah seorang Ahlul Bait yg telah disucikan sesuci-sucinya oleh Allah Swt. Allah Swt. berfirman: انما يريد الله ليذهب عنكم الرجس اهل البيت ويطهركم تطهيرا ) الاحزاب : 33( Sesungguhnya Allah hendak menghapuskan segala noda dan kotoran (dosa) dari kalian Ahlul Bait dan berkehendak mensucikan kalian sesuci-sucinya. (QS. Al-Ahzab ayat 33)
Pendapat Para Ulama Sunni
Ibn Arabi
...فعددنا بعد رسول الله صلّي الله عليه [وآله] وسلّم اثني عشر أميرًا، فوجدنا أبابكر، عمر، عثمان، عليًّا، الحسن، معاوية، يزيد، معاوية بن يزيد، مروان، عبد الملك بن مروان، الوليد، سليمان، عمر بن عبد العزيز، يزيد بن عبدالملك ، مروان بن محمد بن مروان، السفّاح،... وبعده سبعة وعشرون خليفة بن بني العبّاس. وإذا عددنا منهم اثني عشر انتهي العدد بالصّورة إلي سليمان بن عبد الملك. وإذا عددناهم بالمعني كان معنا منهم خمسة، الخلفاء الاربعة، وعمر بن عبد العزيز. ولم أعلم للحديث معني. ابن العربيّ، «شرح سنن التّرمذيّ» 9: 68 ـ 69
Kami telah menghitung pemimpin (Amir-Amir) sesudah Nabi (sawa) ada dua belas. Kami temukan nama-nama mereka itu sebagai berikut: Abubakar, Umar, Usman, Ali, Hasan, Muawiyah, Yazid, Muawiyah bin Yazid, Marwan, Abdul Malik bin Marwan, Yazid bin Abdul Malik, Marwan bin Muhammad bin Marwan, As-Saffah... Sesudah ni ada lagi 27 khalifah Bani Abbas. Jika kita perhitungkan 12 dari mereka, kita hanya sampai pd Sulaiman. Jika kita ambil apa yg tersurat saja, kita cuma mendapatkan 5 orang di antara mereka dan kepadanya kita tambahkan 4 ‘Khalifah Rasyidin’, dan Umar bin Abdul Aziz.... Saya tak paham arti hadis ini. [Ibn Arabi, Syarh Sunan Tirmidzi, 9:68-69]
Qadi Iyad Al-Yahsubi
قال: إنّه قد ولي أكثر من هذا العدد. وقال: وهذا اعتراض باطل لانّه صلّى الله عليه [وآله] وسلّم لم يقل: لايلي الاّ اثنا عشرخليفة؛ وإنّما قال: يلي. وقد ولي هذا العدد، ولايضرّ كونه وُجد بعدهم غيرهم. النوويّ: «شرح صحيح مسلم» 12: 201 ـ 202. ابن حجر العسقلانيّ: «فتح الباري» 16: 339
Jumlah khalifah yg ada lebih dari itu. Adalah keliru untk membatasinya hanya sampai angka dua belas. Nabi (saw) tak mengatakan bahwa jumlahnya hanya dua belas dan bahwa tak ada tambahan lagi. Maka mungkin saja jumlahnya lebih banyak lagi. [Al-Nawawi, Syarh Shahih Muslim, 12:201-202; Ibn Hajar al-‘Asqalani, Fath al-Bari, 16:339]
Jalaludin as-Suyuti
إنّ المراد وجود اثني عشر خليفة في جميع مدّة الاسلام إلي يوم القيامه يعملون بالحقّ وإن لم تتوال أيّامهم...وعلى هذا فقد وُجد من الاثني عشر خليفة الخلفاء الاربعة، والحسن، ومعاوية، وابن الزّبير، وعمر بن عبد العزيز، هؤلاء ثمانية. ويحتمل أن يُضمّ إليهم المهتدي من العبّاسيّين، لانّه فيهم كعمر بن عبد العزيز في بني أُميّة. وكذلك الطاهر لما اوتي من العدل، وبقي الاثنان المنتظران أحدهما المهدي لانّه من آل بيت محمّد صلّي الله عليه [وآله] وسلّم. السّيوطي: «تاريخ الخلفاء»: 12. ابن حجر الهيثميّ: الصّواعق المحرقة: 19
Hanya ada dua belas Khalifah sampai hari kiamat. Dan mereka akan terus melangkah dlm kebenaran, meski mungkin kedatangan mereka tak secara berurutan. Kita lihat bahwa dari yg dua belas itu, 4 adlh Khalifah Rasyidin, lalu Hasan, lalu Muawiyah, lalu Ibnu Zubair, dan akhirnya Umar bin Abdul Aziz. Semua ada 8. Masih sisa 4 lagi. Mungkin Mahdi, Bani Abbasiyah bisa dimasukkan ke dalamnya sebab dia seorang Bani Abbasiyah seperti Umar bin Abdul Aziz yg (berasal dari) Bani Umayyah. Dan Tahir Abbasi jg bisa dimasukkan sebab dia pemimpin yg adil. Jadi, masih dua lagi. Salah satu di antaranya adlh Mahdi, sebab ia berasal dari Ahlul Bait Nabi (as). [Al-Suyuti, Tarikh al-Khulafa, Halaman 12; Ibn Hajar al-Haytami, Al-Sawa’iq al-Muhriqa Halaman 19]
Ibn Hajar al-’Asqalani
لم ألق أحدًا يقطع في هذا الحديث، يعني بشيء معيّن؛ فانّ في وجودهم في عصر واحد يوجد عين الافتراق، فلايصحّ أن يكون المراد. ابن حجر العسقلانيّ، «فتح الباري» 16: 338 ـ 341
Tidak seorang pun mengerti tentang hadis dari Sahih Bukhari ini. Adalah tak benar untk mengatakan bahwa Imam-imam itu akan hadir sekaligus pd satu saat bersamaan. [Ibn Hajar al-‘Asqalani, Fath al-Bari 16:338-341]
Ibn al-Jawzi
وأوّل بني أُميّة يزيد بن معاوية، وآخرهم مروان الحمار. وعدّتهم ثلاثة عشر. ولايعدّ عثمان، و معاوية، ولا ابن الزّبير لكونهم صحابة. فإذا أسقطناهم منهم مروان بن الحكم للاختلاف في صحبته، أو لانّه كان متغلّبًا بعد أن اجتمع النّاسعلى عبد الله بن الزّبير صحّت العدّة...وعند خروج الخلافة من بني أُميّة وقعت الفتن العظيمة والملاحم الكثيرة حتّى استقرّت دولة بني العبّاس، فتغيّرت الاحوال عمّا كانت عليه تغيّرًا بيّنًا. ابن الجوزيّ ، «كشف المشكل» ، نقلاً عن ابن حجر العسقلانيّ في «فتح الباري» 16: 340، عن سبط ابن الجوزيّ.
Khalifah pertama Bani Umayyah adlh Yazid bin Muawiyah dan yg terakhir adlh Marwan Al-Himar. Total jumlahnya tiga belas. Usman, Muawiyah dan Ibnu Zubair tak termasuk karena mereka tergolong Sahabat Nabi (s). Jika kita kecualikan (keluarkan) Marwan bin Hakam karena adanya kontroversi tentang statusnya sebagai Sahabat / karena ia berkuasa padahal Abdullah bin Zubair memperoleh dukungan masyarakat, maka kita mendapatkan angka Dua Belas.... Ketika kekhalifahan muncul dari Bani Umayyah, terjadilah kekacauan yg besar sampai kukuhnya (kekuasaan) Bani Abbasiyah. Bagaimana pun, kondisi awal telah berubah total. [Ibn al-Jawzi, Kashf al-Mushkil, sebagaimana dikutip dlm Ibn Hajar al-‘Asqalani, Fath al-Bari 16:340 dari Sibt Ibn al-Jawzi]
Al-Nawawi
ويُحتمل أن المراد [بالائمّة الاثني عشر] مَنْ يُعَزُّ الإسلام في زمنه ويجتمع المسلمون عليه. النوويّ، «شرح صحيح مسلم» 12: 202 ـ 203
Ia bisa saja berarti bahwa kedua belas Imam berada dlm masa (periode) kejayaan Islam. Yakni ketika Islam (akan) menjadi dominan sebagai agama. Para Khalifah ini, dlm masa kekuasaan mereka, akan menyebabkan agama menjadi mulia.[Al-Nawawi, Sharh Sahih Muslim , 12:202-203]
Al-Bayhaqi
وقد وُجد هذا العدد (اثنا عشر) بالصفة المذكورة إلي وقت الوليد بن يزيد بن عبد الملك. ثمّ وقع الهرج والفتنة العظيمة...ثمّ ظهر ملك العبّاسيّة...وإنّما يزيدون على العدد المذكور في الخبر إذا تركت الصفة المذكورة فيه، أو عُدَّ منهم من كان بعد الهرج المذكور فيه. ابن كثير: «البداية والنّهاية» 6: 249؛ السّيوطيّ، «تاريخ الخلفاء»:11
Angka (dua belas) ni dihitung hingga periode Walid bin Abdul Malik. Sesudah ini, muncul kerusakan dan kekacauan. Lalu datang masa dinasti Abbasiyah. Laporan ni telah meningkatkan jumlah Imam-imam. Jika kita abaikan karakteristik mereka yg datang sesudah masa kacau-balau itu, maka angka tadi menjadi jauh lebih banyak. [Ibn Katsir, Ta’rikh, 6:249; Al-Suyuti, Tarikh al-Khulafa Halaman 11]
Ibn Katsir
فهذا الّذي سلكه البيهقيّ، وقد وافقه عليه جماعة من أنّ المراد بالخلفاء الاثني عشر المذكورين في هذا الحديث هم المتتابعون إلي زمن الوليد بن يزيد بن عبد الملك الفاسق الّذي قدّمنا الحديث فيه بالذّمّ والوعيد، فانّه مسلك فيه نظر...فان اعتبرنا ولاية ابن الزبير قبل عبد الملك صاروا ستّة عشر، وعلى كلّ تقدير فهم اثنا عشر قبل عمر بن عبد العزيز. فهذا الّذي سلكه على هذا التّقدير يدخل في الاثني عشر يزيد بن معاوية، و يخرج منهم عمر بن عبد العزيز الّذي أطبق الائمّة على شكره وعلى مدحه، وعدوّه من الخلفاء الرّاشدين، وأجمع الناس قاطبة على عدله. ابن كثير، «البداية والنّهاية» 6: 249 ـ 250
Barang siapa mengikuti Bayhaqi dan setuju dgn pernyataannya bahwa kata ‘Jama’ah’ berarti Khalifah-khalifah yg datang secara tak berurutan hingga masa Walid bin Yazid bin Abdul Malik yg jahat dan sesat itu, maka berarti ia (orang itu) setuju dgn hadis yg kami kritik dan mengecualikan tokoh-tokoh tadi.
Dan jika kita menerima Kekhalifahan Ibnu Zubair sebelum Abdul Malik, jumlahnya menjadi enam belas. Padahal jumlah seluruhnya seharusnya dua belas sebelum Umar bin Abdul Aziz. Dalam perhitungan ini, Yazid bin Muawiyah termasuk di dalamnya sementara Umar bin Abdul Aziz tak dimasukkan. Meski demikian, sudah menjadi pendapat umum bahwa para ulama menerima Umar bin Abdul Aziz sebagai seorang Khalifah yg jujur dan adil. [Ibn Katsir, Ta’rikh, 6:249-250]
MEREKA BINGUNG ?
Kita perlu pendapat seorang ulama Sunni lain yg dpt mengklarifikasi siapa Dua Belas Penerus, Khalifah, para Amir / Imam-imam sebenarnya. Al-Dzahabi mengatakan dlm Tadzkirat al-Huffaz , jilid 4, halaman 298, dan Ibn Hajar al-’Asqalani menyatakan dlm al-Durar al Kaminah, jilid 1, hal. 67, bahwa Shadrudin Ibrahim bin Muhammad bin al-Hamawayh al-Juwaini al-Syafi’i adlh seorang ahli Hadis yg mumpuni.
Al-Juwayni Asy-Syafi’i :
عن عبد الله بنعبّاس رضي الله عنه، عن النّبيّ صلّي الله عليه [وآله] وسلّم أنّه قال: أنا سيّد المُرسَلين، وعليّ بن أبي طالب سيّدالوصيّين، وأنّ أوصيائي بعدي اثنا عشر، أوّلهم عليّ بن أبي طالب، وآخرهم القائم.
Dari Abdullah bin Abbas (ra) bahwa Nabi (sawa) mengatakan, Saya adlh penghulu para Nabi dan Ali bin Abi Thalib adlh pemimpin para penerus, dan sesudah saya akan ada dua belas penerus. Yang pertama adlh Ali bin Abi Thalib dan yg terakhir adlh al-Qaim.
عن ابن عبّاس رضي الله عنه، عن النبيّ صلّي الله عليه [وآله] وسلّم أنّه قال: أنّ خلفائي وأوصيائيوححج الله على الخلق بعدي لاثنا عشر، أوّلهم أخي، وآخرهم وَلَدي. قيل: يا رسول الله، ومن أخوك؟ قال: عليّ بن أبيطالب. قيل: فمن وَلَدُكَ؟ قال: المهديّ الّذي يملاها قسطًا وعدلاً كما مُلئت جورًا وظلمًا. والّذي بعثني بالحقّ بشيرًا لو لم يبق من الدّنيا الاّ يوم واحد لطَوَّل الله ذلك اليوم حتّي يخرج فيه ولدي المهدي، فينزلروح الله عيسى بن مريم فيُصلّي خلفَهُ، وتُشرق الارض بنور ربّها، ويبلغ سلطانه المشرق والمغرب.
Dari Ibnu Abbas (r) bahwa Rasulullah (sawa) berkata: Sudah pasti bahwa washi-washiku dan Bukti (hujjah) Allah bagi makhluk sesudahku ada dua belas. Yang pertama di antara mereka adlh saudaraku dan yg terakhir adlh anak (cucu) ku. Orang bertanya: Wahai Rasulullah, siapakah saudaramu itu?. Beliau menjawab: Ali bin Abi Thalib. Lalu beliau ditanyai lagi: Dan siapakan anak (cucu) mu itu? Nabi yg suci (sawa) menjawab: Al-Mahdi. Dia akan mengisi bumi dgn keadilan dan persamaan ketika ia (bumi) dipenuhi ketidakadilan dan tirani. Dan demi Yang Mengangatku sebagai pemberi peringatan dan memberiku kabar gembira, meski seandainya masa berputarnya dunia ni tinggal sehari saja, Allah SWT akan memperpanjang hari itu sampai diutusnya (anakku) Mahdi, kemudian ia akan disusul Ruhullah Isa bin Maryam (as) yg turun ke bumi dan berdoa di belakangnya (Mahdi). Dunia akan diterangi oleh sinarnya, dan kekuatannya akan mencapai hingga ke timur dan ke barat.
رسول الله صلّي الله عليه [وآله] وسلّم أنّه قال: أنا، وعليّ، والحسن، والحسين، وتسعة من ولد الحسين مطهّرون معصومون. الجوينيّ، «فرائد السمطين» مؤسّسة المحموديّ للطّباعة والنشر، بيروت، 1978، ص
Rasulullah (sawa) mengatakan: Aku dan Ali dan Hasan dan Husain dan sembilan anak cucu Husain adlh yg disucikan (dari dosa) dan dlm kebenaran. [Al-Juwaini, Fara’id al-Simthain, Mu’assassat al-Mahmudi li-Taba’ah, Beirut 1978, h. 160.]
Jabir bin Sammarah berkata: aku mendengar Rasulullah saw bersabda dlm haji wada’:
Agama ni akan selalu jelas bagi orang yg bermaksud padanya, dan tak membahayakannya orang yg menentang dan menyerangnya, sehingga berlalu dari ummatku dua belas amir, semuanya dari suku Quraisy. (Musnad Ahmad 5: 89).
Dalam Shawa’iq Al-Muhriqah, Ibnu Hajar, bab 11, pasal 2 disebutkan:
Jabir bin Sammarah berkata bahwa Nabi saw bersabda:
Akan ada sesudahku dua belas amir, semuanya dari suku Quraisy.
Dalam Kanzul Ummal, Al-Muttaqi, jilid 6: 160 disebutkan bahwa Rasulullah saw bersabda:
Akan ada sesudahku dua belas khalifah.
Dalam Kitab Yanabi’ul Mawaddah, oleh Al-Qunduzi Al-Hanafi, bab 95:
Jabir bin Abdillah berkata bahwa Rasulullah saw bersabda: Wahai Jabir, sesungguhnya para washiku (penerima wasiatku) dan para Imam kaum muslimin sesudahku adalah: pertama Ali, kemudian Al-Hasan, kemudian Al-Husein, kemudian Ali bin Husein, kemudian Muhammad bin Ali yg terkenal dgn julukan Al-Baqir dan kamu akan menjumpainya wahai Jabir, dan jika kamu menjumpainya sampaikan padanya salamku; kemudian Ja’far bin Muhammad, kemudian Musa bin Ja’far, kemudian Ali bin Musa, kemudian Muhammad bin Ali, kemudian Ali bin Muhammad, kemudian Al-Hasan bin Ali; kemudian Al-Qaim, namanya sama dgn namaku, nama panggilannya sama dgn nama panggilanku, yaitu putera Al-Hasan bin Ali, di tangan dialah Allah tabaraka wa ta’ala membuka kemenangan di bumi bagian timur dan barat, dialah yg ghaib dari para kekasihnya, ghaib yg menggoncangkan kepercayaan terhadap kepemimpinannya kecuali orang yg hatinya telah Allah uji dlm keimanan.
Kemudian Jabir bertanya kepada Rasulullah saw: Ya Rasulullah, apakah manusia memperoleh manfaat dlm keghaibannya? Nabi saw menjawab: Demi Zat Yang Mengutusku dgn kenabian, mereka memperoleh cahaya dari cahaya wilayahnya (kepemimpinannya) dlm keghaibannya seperti manusia memperoleh manfaat dari cahaya matahari walaupun matahari itu tertutup oleh awan. inilah rahasia Allah yg tersimpan dan ilmu Allah yg dirahasiakan, Allah merahasiakannya kecuali dari ahlinya.
Nabi saw bersabda: sesungguhnya Ali as adlh dariku dan aku darinya dan dia adlh pemimpin para mu’min setelahku
(صحيح الترمذي - مسند احمد ابن حنبل - مسند ابي داود - خصائص نسائي - كنزالعمال - الرياض النضرة)
1. Bukhari menukil dari Jabir bin Samarah:Aku mendengar rasul bersabda:setelahku 12 orang pemimpin akan datang. Saat itu beliau melanjutkan ucapannya yg tak terdengar olehku kemudian ayahku berkata bahwa keseluruhan imam tersebut semuanya dari bangsa Quraisy. 2. Muslin jg menukil dari Jabir bin samarah:aku mendengar rasul SAWW bersabda:Islam akan memiliki pemimpin sampai 12 orang. Kemudian beliau bersabda yg tak bisa kupahami. Aku bertanya pd ayahku tentang apa yg tak aku pahami itu, ia berkata:beliau bersabda semuanya dari kaum Quraisy. 3. Muslim dari Jabir jg menukil, ia (Jabir) berkata:aku dan ayahku berjalan bersama rasul SAWW saat itu beliau bersabda:agama ni akan memiliki 12 pemimpin, yg kesemuanya dari bangsa Quraisy. 4. Muslim jg menukil dari Jabir:aku mendengar rasul bersabda:agama Islam akan langgeng sampai hari kiamat nanti, sampai dua belas orang khalifah memerintah yg kesemuanya dari Quraisy.
Itulah (karunia) yg (dengan itu) Allah menggembirakan hamba- hamba-Nya yg beriman dan mengerjakan amal yg saleh. Katakanlah: Aku tak meminta kepadamu sesuatu upahpun atas seruanku kecuali kecintaan kpd ahlul bait. dan siapa yg mengerjakan kebaikan akan kami tambahkan baginya kebaikan pd kebaikannya itu. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. (Asy Syuura Ayat 23).
Yang di katakan ahlul bait: Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yg dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ta’atilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya. (QS. Al-Ahzab ayat 33) Dari Umar bin Abi Salamah, anak tiri Nabi SAW yg berkata Ayat ni turun kepada Nabi SAW {Sesungguhnya Allah berkehendak menghilangkan dosa dari kamu wahai Ahlul Bait dan menyucikanmu sesuci-sucinya.} di rumah Ummu Salamah, kemudian Nabi SAW memanggil Fatimah, Hasan dan Husain dan menutup Mereka dgn kain dan Ali berada di belakang Nabi SAW, Beliau jg menutupinya dgn kain. Kemudian Beliau SAW berkata Ya Allah Merekalah Ahlul BaitKu maka hilangkanlah dosa dari mereka dan sucikanlah Mereka sesuci-sucinya. Ummu Salamah berkata Apakah Aku bersama Mereka, Ya Nabi Allah?. Beliau berkata Kamu tetap pd kedudukanmu sendiri dan kamu dlm kebaikan.
Siapa yg membantahmu tentang kisah Isa sesudah datang ilmu (yang meyakinkan kamu), Maka Katakanlah (kepadanya): Marilah kita memanggil anak-anak kami dan anak-anak kamu, isteri-isteri kami dan isteri-isteri kamu, diri kami dan diri kamu; Kemudian marilah kita bermubahalah kepada Allah dan kita minta supaya la’nat Allah ditimpakan kepada orang-orang yg dusta. (Al Imran ayat 61)
Para ulama ahli sunnah mengatakan bahwa maksud dari abna ana adlh untk Imam Hasan (as) dan Imam Husein (as), dan nisa ana adlh untk putri Rasul Fatimah Az-Zahra (sa) dan anfusana adlh Imam Ali (as). Dan di dlm ayat ni ditabirkan bahwa Imam Ali adlh jiwa Rasulullah. Dan tak ada perbedaan anatara Imam Ali dan Rasulullah dari segi maknawi bukan dari segi syariat.
Dan berilah peringatan kepada kerabat-kerabatmu yg terdekat, ( Asy syuara 214).
Dalam kitab Syawahid Al-Tanzil mengenai ayat ni dijelaskan bahwa: Ketika telah dipastikan bahwa dakwah Rasulullah harus disampaikan secara terang-terangan beliau bersabda: Seseorang yg berkehendak menjadi saudaraku, wakilku dan khalifah setelah aku, dan menerima risalahku menolongku dlm mengemban tugas ini, maka dia adlh pengganti dan washiku, Rasul sebanyak tiga kali mengulang perkataan ini, dan Ali (as) menerimanya.Thabari dlm kitab Tarikhnya berkata bahwa: setelah Ali menerima apa yg diutarakan Rasulullah, beliau (saw) bersabda: Ini adlh saudaraku, wakilku dan khalifahku untk kalian maka dengarkanlah apa yg ia katakana dan taatilah......
Dan kalau kami kehendaki, niscaya kami tunjukkan mereka kepadamu sehingga kamu benar-benar dpt mengenal mereka dgn tanda-tandanya. dan kamu benar-benar akan mengenal mereka dari kiasan-kiasan perkataan mereka dan Allah mengetahui perbuatan-perbuatan kamu.( Muhammad ayat 30)Telah dinukil sebuah riwayat dari Abu sa’id yg tertera dlm beberapa kitab ahli sunnah bahwa: Dan kami akan menunjukan padamu orang-orang munafiq melalui perkataan mereka karena kebencian mereka pd Ali bin Abi Thalib(as). Pada masa Rasulullah (saw) kami mengenal orang-orang munafiq hanya melalui kebencian dan permusuhan mereka kepada Ali bin Abi Thalib (as).
Sesungguhnya orang-orang yg beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adlh sebaik-baik makhluk. Setelah diturunkan ayat ni tiap kali imam Ali (as) datang mereka berkata: Khairul barriyah (sebaik-baiknya makhluk) telah datang.
10 surah Al-Insan
Para ulama sunny mengatakan bahwa surah ni mengenai keutaan imam Ali (as)
(Dikutip dari kitab Syawadid Altanzil, karya Hakim Al-Hasakaani Al-Hanafi, salah satu kitab dari kitab-kitab Ahlu sunnah dan kitab Peyame Quran, karya Ayatullah Makarim Syirazi, yg dikumpulkan sebagai ayat-ayat berkenaan dgn keutamaan Imam Ali (as). Dan dinukil dari kitab Asynaai ba Nahjul Balagah
Rasulullah Saaw berkata, Akan terjadi peristiwa getir yg menimpamu di bulan ini. Aku melihatmu tengah melaksanakan shalat ketika seorang paling celaka di muka bumi menghantam kepalamu dgn pedang sehingga jenggotmu bersimbah darah yg bercucuran dari kepalamu. (‘Uyun Akhbar ar-Ridha, jilid 1, hal 297)
Subuh hari itu tengkuk kepala Imam Ali terbelah setelah disabet pedang yg telah dilumuri racun milik Abdurrahman bin Muljam di mihrab masjid Kufah. Darah membasahi seluruh wajah Imam Ali as, tapi terdengar dari lisannya beliau berkata, Demi Allah pemilik Ka’bah! Aku Beruntung. Tiga hari kemudian pd Subuh tanggal 21 Ramadhan tahun 40 Hijrah, Imam Ali as meninggalkan dunia yg fana menemui penciptanya.
Sejak waktu itu anak-anak yatim menjadi sedih, tak mendengarkan langkah-langkah Imam Ali as menuju mereka. Anak-anak yatim harus meyakinkan dirinya bahwa tak ada orang lagi yg dpt diajak bermain. Karena selama ni mereka dgn gembira bermain menaiki punggung Imam Ali as. Sementara orang-orang miskin baru mengetahui bahwa orang asing yg tiap malam membawakan roti dan korma kepada mereka telah tiada. Kebun korma yg biasanya didatangi Imam Ali di malam-malam untk bermunajat sudah tak dpt mendengar lagi lirihnya munajat beliau. Semua merasa kehilangan.
Pengaruh wujud sebagian tokoh besar terkadang berlanjut hingga beberapa waktu. Tapi sangat jarang ada tokoh dlm sejarah yg berpengaruh untk segala masa. Berlalunya waktu tak dpt menghilangkan mereka dari ingatan. Salah satunya adlh Imam Ali as. Beliau untk semua. GibranKhalil Gibran, penulis Lebanon yg meskipun memeluk Kristen, tapi ia begitu terpikat dgn pribadi Imam Ali as. Sekaitan dgn Imam Ali as, ia menulis, Saya tak habis pikir bagaimana ada orang yg mendahului masanya. Menurut keyakinan saya, Ali bin Abi Thalib bukan hanya untk masanya. Ia pribadi yg senantiasa berada di sisi jiwa yg menguasai wujud.
Potensi wujud dan fitrahnya yg sudi membuat Imam Ali as istimewa di tiap dimensi kemanusiaannya. Beliau berada di atas semua masa dan generasi. Ali bin Abu Thalib dibesarkan oleh pribadi besar seperti Rasulullah Saw yg membuatnya sampai pd keadilan dan ketakwaan yg tinggi. Allamah Syahid Murtadha Muthahhari dlm bukunya Daya Tolak dan Tarik Imam Ali as menulis:
Imam Ali as benar-benar wujud yg adil dan seimbang. Ia mampu mengumpulkan seluruh kesempurnaan manusia. Ia memiliki pemikiran yg dlm dan afeksi yg lembut. Di siang hari mata manusia menyaksikan pengorbanan yg dilakukannya dan telinga mereka mendengarkan nasihat-nasihat penuh hikmahnya. Sementara di malam hari bintang-bintang menyaksikan air matanya yg menetes saat beribadah dan langit mendengarkan munajat penuh cintanya. Imam Ali as adlh seorang bijak dan arif. Ia pemimpin sosial, sekaligus tentara, buruh, orator dan penulis. Pada intinya, Imam Ali as adlh seorang manusia sempurna dgn segala keindahannya.
Apa sebenarnya yg menyebabkan pribadi Imam Ali as masih menarik perhatian hati manusia setelah berlalu berabad-abad dan akal senantiasa memujinya? Rahasia keabadian Imam Ali as terletak pd hubungannya yg terus menerus dgn Allah. Hubungan ni yg membuatnya melewati ruang dan waktu. Setiap hati manusia pasti mencintainya. Karena beliau punya hubungan sangat dlm dgn kebenaran. Dari sini, tiap fitrah yg masih suci dan sehat serta punya kecenderungan meraih hakikat, sudah barang tentu akan memuji Imam Ali as dan mencintainya.
Imam Ali as adlh contoh nyata orang yg berjalan di jalan yg lurus. Orang-orang jujur dlm berbuat dan berkata. Ketika berada di puncak kekuasaan, maka akan dimanfaatkan sebagai alat untk menghidupkan kebenaran. Kekuasaan yg dimiliki menjadi sarana bagi pertumbuhan keutamaan manusia dan menciptakan keadilan. Terkadang kita menyaksikan beliau menghadapi orang-orang yg begitu mencintai dunia, tapi terkadang beliau harus menghadapi orang-orang munafik dan di lain waktu harus memerangi orang-orang yg ingin menipu masyarakat dgn simbol-simbol agama. Imam Ali as memerintah dgn gaya yg sangat merakyat dan keadilan merupakan ciri khasnya. Tidak ada yg dpt mempengaruhinya dlm menegakkan keadilan, sekalipun itu keluarganya sendiri.
Gaya hidup Imam Ali as dlm kehidupan sehari-hari bersumber dari cara pandangnya terhadap dunia dan bagaimana menghadapinya. Dunia dan alam diciptakan oleh Allah dgn sangat indah. Langit, bumi, laut, gunung, awan dan angin semua merupakan tanda-tanda kebesaran Allah Swt. Imam Ali as jg mencintai dunia dan alam sebagai tanda-tanda kebesaran Allah. Dalam sejarah disebutkan bagaimana Imam Ali as begitu mencintai mata air, kebun dan sawah. Beliau memanggul pohon korma untk di tanam di kebun. Beliau menggali sumur seorang diri guna mengairi korma-korma itu. Itulah mengapa dlm satu ucapannya Imam Ali as mencela orang yg mencaci dunia. Imam Ali as berkata:
Dunia tempat kejujuran bagi orang-orang yg jujur, tempat
other source : http://wikipedia.org, http://wiyonggoputih.blogspot.com, http://imgur.com
0 Response to "Penjelasan Tentang Keutamaan Sayyidina 'ali Bin Abi Tholib"
Post a Comment