This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

Cara Menjaga Kesehatan Mata - Kesehatan

hotsvidz.blogspot.com - Mata merupakan indra penglihatan manusia sehingga menjadi organ yg sangat penting yg harus dijaga sejak kita masih kecil. Karena dgn mata kita dpt melihat suatu objek gambaran dgn bantuan cahaya seperti keindahan alam serta dpt menghindari kecelakaan di segala tempat kita berada. Tanpa mata kita tak dpt melihat apapun misalnya saat kita berada dlm ruangan gelap tanpa adanya cahaya sedikit pun maka yg terlihat hanya warna hitam pekat sehingga kita tak bisa untk melangkah kearah yg benar. Oleh sebab itu, penting sekali bagi kita untk menjaga kesehatan mata agar tetap sehat.

Tapi untk memiliki mata yg sehat bukanlah hal yg mudah, karena banyak sekali penyebab-penyebab yg akan mengganggu kesehatan mata kita. Terlalu banyak aktivitas di luar tentu saja akan mempengaruhi kesehatan mata, tapi terkadang kita sering lupa untk merawat kesehatan mata kita sendiri. Baiklah, kali ni saya akan membahas bagaimana cara menjaga kesehatan mata tapi sebelumnya ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu hal apa saja yg dpt mengurangi kesehatan mata dibawah ini.

Hal-hal yg dpt mengurangi kesehatan mata :
- Terlalu lama menonton tv
- Keseringan di depan komputer
- Kurang minum air putih
- Kurang tidur/istirahat
- Kekurangan vitamin A
- Terlalu sering berada di tempat berpolusi
- Sering mengucek mata
- Merokok dan lain-lain.

Diatas hanyalah sebagian besar penyebab-penyebab terjadinya kerusakan pd mata kita, tapi bagi anda yg peduli akan kesehatan mata berikut ni tips untk menjaga mata agar tetap sehat.

Tips Cara menjaga Kesehatan Mata :

Cara Menjaga Kesehatan Mata
1. Perbanyak Konsumsi Vitamin A
Dengan memperbanyak konsumsi vitamin A tentu saja membuat mata kita lebih sehat dan cerah, vitamin A sangat berperan penting untk kesehatan mata. Vitamin A ni mudah dijumpai dan terdapat di beberapa jenis makanan dan minuman seperti susu, wortel, bayam dan lainnya.

2. Menjaga Jarak Pandang
Jarak pandang yg ideal yg disarankan saat berada di depan layar monitor dan membaca buku itu berbeda. Untuk itu kita harus tau jarak pandang mata sejauh mana agar bisa terhindar dari penyakit yg dpt merusak kesehatan mata.
Jarak pandang mata dgn layar monitor yg ideal : 50-100 cm
Jarak pandang mata pd saat membaca buku yg ideal : 30 cm

3. Hindari Mengucek Mata
Kebiasaan ni paling sering di lakukan, tapi sebaiknya hindarilah mengucek mata meskipun terasa amat gatal. Karena jika ada objek kecil seperti debu dlm mata dan kita menguceknya ni akan mengakibatkan mata menjadi iritasi.

4. Jangan Membaca Dalam Cahaya Redup
Tidak jarang kita lihat orang membaca dlm cahaya yg redup ternyata hal ni sangatlah berbahaya karena dpt membuat ketegangan otot pd mata yg membuat mata menjadi cepat lelah sehingga kualitas penglihatan menjadi berkurang.

5. Gunakan Kaca Pelindung Mata di Saat Tertentu
Lingkungan luar tak selama bersih pasti ada saja polusi serta debu yg bertebangan terutama saat kita mengendarai sepeda motor pastikan kita menggunakan kaca pelindung dari helm / menggunakan kaca mata untk menghindari debu serta objek yg masuk ke dlm mata.

6. Matikan Lampu Saat Tidur
Biasanya saat kita tidur pasti wajah menghadap ke atas pd arah lampu, meskipun mata sudah tertutup tapi cahaya lampu ternyata masih bisa masuk ke dlm mata, dimana hal ni akan mengganggu pupil mata sehingga dlm jangka waktu lama ni akan mempengaruhi kesehatan mata kita nantinya.

7. Perbanyak Minum Air Putih
Mata yg 80% nya adlh air tentu saja kita tak boleh sampai kekurangan air putih, orang yg kurang minum air putih biasanya akan terlihat pd matanya akan kering dan berwarna kuning. Untuk itu pastikan perbanyak minum air putih agar mata tetap sehat.

8. Jangan Memakai Lensa Kontak Lebih Dari 19 Jam
Memakai lensa kontak mata memang terlihat menarik yg akan menambah penampilan kita terutama pd wanita, akan tetapi lensa kontak mata tak boleh dipakai lebih dari 19 jam karena akan menyebabkan iritasi pd mata.

9. Lakukan Olahraga Mata
Karena banyak aktivitas yg kita lakukan sehari-hari tentu saja ni membuat mata kita menjadi tegang dan otot mata menjadi kaku.
Caranya: Peganglah sebuah pulpen menghadap ke wajah anda dgn jarak sekitar 20 cm lalu fokuskan mata anda pd sebuah pulpen tersebut, kemudian coba jauhkan sekitar 50 cm dari wajah anda lalu dekatkan kembali pd wajah lagi. Lakukan cara ni berulang-ulang sampai kurang lebih 15 kali.

10. Istirahat yg Cukup
Apabila mata anda mulai lelah jangan pernah ragu untk beristirahat sejenak agar dpt memejamkan mata meskipun hanya 15 menit. Hindarilah begadang malam dan apabila tak ada aktivitas di siang hari lebih baik anda tidur.


Demikian tips cara menjaga kesehatan mata agar tetap sehat dan terhindar penyakit. Karena penyakit mata bisa saja sewaktu-waktu dpt menyerang anda. Untuk itu pastikan sejak dini kita menjaga kesehatan mata. Semoga bermanfaat!

other source : http://kompas.com, http://bisikansehat.com, http://slideshare.net

0 Response to "Cara Menjaga Kesehatan Mata - Kesehatan"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *